Minggu, 20 Juni 2010

Normalisasi Data

1. Atribut Tabel (Table Attribute)
Normalisasi, lebih difokuskan pada tinjauan konverehenship terhadap setiap kelompok data (tebel) secara individual lebih jauh lagi, tinjauan tersebut di titik beratkan pada data di masing-masing kelompok pembentuk table. Kita menggunakan istilah baru yaitu atribut yang sebenarnya identik dengan pemakaian istilah kolom data. Istilah atribut ini lebih umum digunakan dalam perancangan basis data, karena istilahitu lebih infresif menunjukkan fungsinya sebagai pembentuk karakteristik (sifat-sifat) yang melekat pada sebuah tabel. Apalagi, penerapan aturan-aturan normalisasi terhadap atribut0atribut pada sebuah tabel bisa berdampak pada penghilangan kolom tertentu, penambahan kolom baru, atau bahkan penambahan tabel baru.

2. Key dan Atribut Deskriptif
Pada dasarnya, key adalah satu atau gabungan dari beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data (row) dalam tabel secara unik. Artinya, jika suatu atribut dijadikan sebagai key, maka tidak boleh ada dua atau lebih baris data dengan nilai yang sama untuk atribut tersebut.

Ada tiga macam key yang dapat diterapkan pada suatu tabel, yaitu :
Superkey,
Candidate-Key,
Key Primer (Primary – Key)

Atribut Deskriptif adalah atribut-atribut yang tidak menjadi atau merupakan anggota dari Key Primer. Jadi, atribut-atribut nama_mhs, alamat_mhs dan tgl_mhs digolongkan sebagai Atribut Deskriptif.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai normalisasi data, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5392/1/PPT%20WEW.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus